1.
Membuat
resume tentang ikon/simbol yang digunakan untuk membuat flowchart (simbol,
namam dan fungsinya)
Jawab:
SIMBOL- SIMBOL FLOWCHART DAN FUNGSINYA
Flowchart
disusun dengan simbol-simbol. Simbol ini dipakai sebagai alat bantu
menggambarkan proses di dalam program. Simbol-simbol yang dipakai antara lain :
1. Flow Direction symbol (Simbol Arus)
1. Flow Direction symbol (Simbol Arus)
Yaitu
simbol yang digunakan untuk menghubungkan antara simbol yang satu dengan simbol
yang lain atau menyatakan jalannya arus suatu proses. Simbol ini disebut juga
connecting line.
2. Terminal Point Symbol (Simbol titik terminal)
Yaitu simbol untuk permulaan (start) atau akhir (stop) dari suatu kegiatan.
3. Symbol One Connector (Simbol Penghubung)
4. Symbol Off Page Connector (Simbol baris
penghubung)
Yaitu simbol untuk keluar – masuk atau penyambungan proses pada lembar / halaman yang berbeda.
5. Processing Symbol (Simbol Proses)
Simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh computer
6. Symbol Manual Operation (Simbol
kegiatan manual)
Simbol yang menunjukkan pengolahan yang tidak dilakukan oleh computer
7. Symbol Decision (Simbol keputusan)
8. Symbol Input-Output (Simbol
keluar-masuk)
Simbol yang menyatakan proses input dan output tanpa tergantung dengan jenis peralatannya
9. Symbol Keying Operation (Simbol Manual Input)
Simbol
untuk pemasukan data secara manual on-line keyboard
10. Symbol Preparation (Simbol persiapan)
Simbol untuk mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan di dalam storage.
11. Symbol Predefine Proses (Simbol proses terdifinisi)
Simbol untuk pelaksanaan suatu bagian (sub-program)/procedure
12. Symbol Display (Simbol Tampilan)
Simbol yang menyatakan peralatan output yang digunakan yaitu layar, plotter, printer dan sebagainya.
13. Symbol Disk and On-line Storage (Simbol disk dan penyimpanan online)
Simbol yang menyatakan input yang berasal dari disk atau disimpan ke disk.
14. Simbol Magnetic Tape Unit (Simbol unit pita magnetik)
Simbol yang menyatakan input berasaldari pita magnetik atau output disimpan ke pita magnetik.
15. Symbol Punch Card (Simbol kartu plong)
Simbol yang menyatakan bahwa input berasal dari kartu atau output ditulis ke kartu.
16. Symbol Dokument (Simbol dokumen)
Simbol yang menyatakan input berasal dari dokumen dalam bentuk kertas atau output dicetak ke kertas.
17. Symbol Flowline : (Simbol Garis
Alir)
Tanda untuk menunjukan bagian instruksi selanjutnya. Atau digunakan untuk aliran proses suatu algoritma
18. Symbol Annotation : ( Simbol anotasi)
Berisi catatan supaya mudah dimengertiisi/tujuan Algoritma atau untaian data yang akan diproses.
19. Symbol Off-line Storage (Simbol penyimpanan offline)
Simbol yang menunjukkan bahwa data di dalam symbol iniakan di simpan.
20. Symbol Couple (Simbol pasangan)
Simbol ini menunjukkan suatu data/elemen yang dikirimkan dari satu modul kemodul lainnya. Anak panah dengan lingkaran yang kosong menunjukkan data yang dikirimkan, sedangkan anak panah dengan lingkaran padat menunjukkan elemen kontrol yang dikirimkan.
21. Symbol Magnetik Disk (Simbol magnetik Disk)
22. Symbol Magnetik Drum (Simbol magnetik drum)
Digunakan untuk input atau output yang menggunakan Drum Magnetik.
23. Symbol Punched Tape : (Simbol penekan pita)
Digunakan untuk input atau output yang menggunakan pita kertas berlubang.
24. Symbol Sorting Office (Simbol pengurutan office)
25. Symbol Transportation/Move (Simbol pemindahan)
Memindahkan material dengan forklift, mengangkat barang dengan crane, memindahkan barang dengan tangan, dll.
26. Symbol Delay (Simbol menunggu)
Digunakan untuk material dalam trolley menunggu diproses lebih lanjut, menunggu elevator, surat-surat menunggu untuk diarsipkan, dll.
2.
Buat contoh kasus algoritma
menggunakan pseude codes.
Jawab :
Contoh kasus : mencari bilangan terbesar dari dua
bilangan yang diinputkan
Solusi
Pseudo-code :
- Masukkan bilangan pertama
- Masukkan bilangan kedua
- Jika bilangan pertama > bilangan kedua maka kerjakan langkah 4, jika tidak, kerjakan langkah 5.
- Tampilkan bilangan pertama
- Tampilkan bilangan kedua
Solusi Algoritma :
- Masukkan bilangan pertama (a)
- Masukkan bilangan kedua (b)
- if a > b then kerjakan langkah 4
- print a
- print b
3.
Buat contoh kasus algoritma
menggunakan flowchart.
Jawab :
Contoh kasus : Buatlah sebuah rancangan program
dengan menggunakan flowchart, mencari luas persegi panjang.
Solusi :
Perumusan untuk
mencari luas persegi panjang adalah :
L = p . l
di mana, L adalah
Luas persegi panjang, p adalah panjang persegi, dan l
adalah lebar persegi.
Start
|
P,
l
|
L = p . l
|
L
|
End
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Keterangan :
- Simbol pertama menunjukkan dimulainya sebuah program.
- Simbol kedua menunjukkan bahwa input data dari p dan l.
- Data dari p dan l akan diproses pada simbol ketiga dengan menggunakan perumusan L = p. l.
- Simbol keempat menunjukkan hasil output dari proses dari simbol ketiga.
- Simbol kelima atau terakhir menunjukkan berakhirnya program dengan tanda End.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar